1.2.12

Just say "selamat ultah".....

Alhamdulillah 
Besok, dua februari adalah hari ulang tahun temanku, teman yang sangat aku sayangi. tapi aku bimbang sekedar untuk mengucapkan  “Selamat Ulang Tahun" buatnya. Ada alasan tersendiri yang membuat aku bimbang seperti ini, salah satu alasannya karena  seperti tahun2 yang lalu aku mengirim ucapan selamat dan doa untuknya tapi tidak ada tanggapan sama sekali. banyak pertanyaan dlam hatiku, masih marahkah dia padaku??
sudah lama aku tak bertegur sapa dengannya, sudah lama dia tak ngirim kabar untukku, sms ku pun tak pernah dibalasnya  tapi aku selalu ingat jika ulang tahunnya tiba, aku masih ingat betul saat aku dan dia masih nge-kost bareng, betapa bahagianya persabatan kami, pernah kami berdua kehabisan uang dan itu membuat kami harus ga makan seharian sampai kiriman datang. tapi ada satu hal yang membuat dia begitu marah padaku . 
yach..  
kesalahan masalalu yang akulah penyebabnya. aku mengakui semua itu tapi sebesar manakah. begitu susah untuk dia maafkan. dan kesalahan itu tak usahlah aku ungkapkan disini, cukup menjadi cerita piluh dalam hidupku. dan sejak kejadian itu dia menjauhiku. bahkan dia pindah kost hanya karena tak ingin bersamaku lagi .duch....sedih luar biasa. tapi beberapa hari setelah kepindahannya, tibalah ulang tahunnya. aku sengaja bela2in bikin kue tart untuknya dan aku bawain dimalam ulang tahunnya. tapi apa yang terjadi?? dia tak pernah sudih menerima kue pemberianku ckckck.....tapi aku yakin dihati kecilnya dia tak begitu. aku mengenal betul siapa dia.  Allah aja maha pemaaf, kenapa dia sampai hari ini belum bisa membuka pintu maafnya untukku.
aku takut jika dia tak memaafkanku. aku takut jalanku tak mulus jika masih ada dendam dihati seseorang untukku. sedih sudah pasti, banjir airmata jangan ditanya lagi. tapi aku tidak menyerah, aku masih mengirim sms untuknya yang bunyinya begini : 
gambar diambil dari sini
"hari ini dengan senang hati,aku buatain kue khusus untukmu sahabatku, meskipun kuenya kau jatuhkan didepanku tapi ga papa.aku ingin kau membuka pintu maafmu untukku,aku ingin kita berteman lagi seperti dulu..masak bareng,makan bareng,tidur bareng bahkan kita berdua pernah ga makan karena kita kehabisan uang,tidak ingatkah kau semua itu??betapa bahagianya kita yang dulu. pliss,maafin aku,ku mohon...", kemudian sms kedua terkirim juga bunyinya seperti ini :
"diulang tahunmu hari ini,aku kirim doa untukmu semoga yang terbaik selalu untukmu,tambah umur tambah cantik,tambah baik dan selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa" dan dibelakang sms itu terselip kata2 seperti ini  
"jika suatu hari nanti sekedar ucapan selamat ultah tak sampai lagi padamu itu artinya mungkin aku sudah menyerah untuk mengharap maaf darimu,atau mungkin aku tidak lagi ingat ulang tahunmu yang berarti aku sudah tak sayang lagi padamu, tidakkah kau senang aku karibmu selalu tak pernah lupa bila ulang tahunmu tiba??". tapi sampai saat ini setiap hari ulang tahunnya tiba, aku masih ingat dan itu berarti pula aku masih sayang padanya, ...sueer deh
tapi terbersit dihati aku ingin mengucap seperti ini padanya:  
"Selamat Ulang Tahun… Jangan lupa makan-makannya. Semoga hari ini hidupmu makin Indah. Menjadi Lebih bijaksana. Kudoakan agar semoga hidupmu berbahagia. bolehkah dihari ultahmu ini aku meminta maaf sekali lagi?? "
namun banyak yang bilang padaku untuk melupakannya saja (baca: pura-pura lupa). Tapi juga tetap tidak bisa. Bagaimana bisa melupakannya? itu tidak mungkin. dia teman yang pernah mengajarkan aku banyak hal. dia anugerah terindah yang pernah dikenalkan Tuhan untukku, yach..aku menyebutnya anugerah terindah..
namun jika tidak mengucapkan apa-apa, Aku juga kelak akan merasa bersalah. bersalah karena tidak memperdulikannya. Bersalah karena aku pernah berjanji untuk tetap menyayanginya. Lalu, jika aku tidak melakukan sesuatu untuknya di hari Ulang Tahunnya, sama saja aku mengingkari semua perkataanku dan mengingkari anugrah yang indah. Seolah-olah seperti lari dari kenyataan. 
tapi juga ada satu hal lagi yang membuat aku merasa berat untuk mengucapkan kata itu. Tahun lalu aku mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” untuknya dan juga memberikan hadiah kado di hari ulang tahunnya. Tapi, tidak ada tanggapan yang kudapat darinya (oh, my God). Aku ngerasa.. ngerasa dia tidak membutuhkan perhatianku, dia tidak membutuhkan ucapan dan hadiah dariku. Keyakinan itu menjadi semakin bertambah kala ulang tahunku pun tiba dia sama sekali tak pernah mengucapkan selamat untukku. 
baiklah,  aku mengalah jika tidak mendapat doa atau kado Ulang Tahun, tapi ini… sekedar selamat ultah pun tak aku dapatkan. Jujur, aku memang sangat menginginkan ucapan darinya. yang berarti jika dia melakukan itu untukku berarti dia sudah memaafkan aku. itu adalah harapan terbesarku saat itu.  
tapi semalam aku mendapat nasehat yang indah dari suami.  Mungkin bukan bagian dari nasehat, tapi sebuah saran yang baik untukku. suamiku  mengatakan “Jika kamu menghargainya, ucapkan saja walau tidak mengirimkankan kado”. Kemudian  suamiku melanjutkan, just say "selamat ultah" gak usah pake kata-kata lain lagi”. mendengar jawabannya aku menjadi bingung dan bertanya, “Alasannya?” kemudian suamiku menjawab, “Ya, itu cuma buat memastikan kalau kamu tidak lupa sama dia. dan kamu tulus mengucapkan itu. jangan khawatir sayang ,jika hari ini kamu belum menerima maaf darinya yakinlah Allah Maha tau, dia tahu perjuangan kamu seperti apa, suatu hari nanti pasti hatinya lulu ,jangan menyerah dan teruslah berdoa untuknya...”. 
aku terdiam lama..setelah kupikir2, jawaban ini sangat masuk akal buatku. Aku setuju dengan saran suamiku. Sekarang aku tidak bimbang lagi, aku menjadi yakin untuk ucapkan kata “selamat ULTah..” kepada teman yang sangat aku sayangi. ini adalah jawaban yang aku butuhkan saat ini. Aku menjadi lega… sangat lega setelah mendapat saran dari suami… sempat heran juga, mengapa aku terlalu pusing hanya karena mempermasalahkan ucapan Selamat Ulang Tahun? Sebenarnya tidaklah terlalu sulit kuucapkan kata “selamat ULtah..”. Namun aku terlalu berat memikirkan pertimbangan-pertimbangannya. Walau kata-kata suamiku sangat umum didengar, namun memiliki makna yang indah. terima kasih suamiku, untuk saran yang baik. aku akan “segera” memberikan ucapan selamat untuk dia yang sangat aku sayang dengan perasaan ikhlas. sekali lagi, I.K.H.L.A.S Terima kasih.

60 komentar:

  1. sedih ya mbak kalo kehilangan teman baik kita....semoga suatu saat hubungan pertemanan kalian menjadi baik kembali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa komen, trpaksa numpang komen disini..
      Selamat ulangtahun ya temennya mbak!!
      Ayoo dong aahh tmnnya mbak saling maafin..
      Khilangan sahabat itu bahaya lho!!
      hehehee

      Hapus
    2. @mami zidane:
      sedih banget mbak,luar biasa...
      makasih maminya zidane^__^

      Hapus
    3. @hana ester:
      makasih mbak,doa dan dukungannya^^

      Hapus
  2. Saya sih berdoa temennya mbak atma membaca tulisan ini dan mau berteman tanpa melihat kesalahan dimasa lalu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin,semoga keinginan itu tercapai^^

      Hapus
  3. kalo dia punya akun fesbuk, copas aja tautan tulisan ini biar dia baca kalo ternyata ada temennya yng ikhlas ingin dimaafkan. apalagi itu masalah yg sudah lama, mestinya persahabatan tetep terjalin dg keihklasan keduanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppz pa guru,ide yang bagus...
      aku akan mencobanya
      terima kasih atas sarannya yang baik ini:)

      Hapus
  4. Balasan
    1. makasih banyak telah sudi berkunjung,....:)

      Hapus
  5. Semoga suatu hari persahabatan kalian kembali terangkai indah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin ya rabb, makasih bunda yunda
      itulah harapan terbesar saya:)

      Hapus
  6. SEMOGA aLLAH MEMPERMUDAH HUBUNGAN PERTEMANAN KALIAN BIAR BISA AKRAB LAGI SPT DULU

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin ya rabb,semoga Allah mendengar doa2ku..
      makasih mbak

      Hapus
  7. duh..jadi menjauh y mb,
    sayang benerr.
    coba ditelpon mb, kalo enggak tetep gk d anggap. sms deh..
    smoga..hatinya terbuka dan mau memaafkan mb y
    aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditelfon ga diangkat,sms ga dibalas,...
      ya ampun,berbagai cara udah kutempuh untuk menemukan kembali dia yang dulu mbak,tp sampai hari ini sia2...
      mkasih doanya ya mbak,:)

      Hapus
    2. susah jg kalo gitu y mb,
      tapi yg pnting mb sdh brusaha bwt deket
      insy allah dy luluh sendiri
      aamiin

      Hapus
    3. ga pa2 mbak,semuanya kuserahkan sama Tuhan
      Dia yang Maha tahu:)

      Hapus
  8. ya suamimu benar, mbak. ucapkan selamat ultah aja. toh sahabatnya sudah gak mau membalas sms mu. yg penting kamu sudah berniat baik.

    BalasHapus
  9. ayo sumbang kado doa buat sahabatnya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee...betul mas fajar,ayoo donk doanya^__^
      makasih ya mas??

      Hapus
  10. yang sabar mb'....
    mungkin suatu saat kalian akan akur lagi
    keep smileee :)

    BalasHapus
  11. aku pernah ngalami kek gini jg. Alhamdulillah skrg dah baikan. Mnrtku sikap Atma udah bener kok, yg penting selalu baik ke dia, apapun tanggapan dia. InsyaAllah hatinya akan terbuka.. aminn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin,
      aku juga yakin suatu hari nanti dia akan membuka pintu maaf itu selebar2nya...
      amiin ya Allah

      Hapus
  12. dalam Islam..maaf memaafkan itu adalah kewajiban, dan bila memang ada khilaf atau salah maka ber-mohon maaflah kepada yang merasa tersakiti serta memohon ampun kepada ALLAH SANG KHALIQ, untuk kasus apakah orang itu menerima maaf kita atau tidak, biarlah ALLAH yang menilai menurut pandangan-NYA...krena yang utama adalah mendahulukan membersihkan diri sendiri dari segala salah khilaf dengan niat setulus-tulusnya semata karena ALLAH agar jiwa menjadi tenang dan hati menjadi suci kembali...salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu ya kak,toh aku sudah berniat baik tulus dari dalam hati,tak pernah berhenti berjuang agar terketuk pintu hatinya memaafkanku tapi sampai hari ini,hatinya belum luluh juga

      yaaa...kuserahkan semua pada Allah,
      makasih kak:)
      salam kembali

      Hapus
  13. semoga panjang umur & hari ini hrs lebih baik dr hari2 yg lalu yaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin doanya untuk sahabat tercinta:)

      Hapus
  14. wah aku kemaren ultah gak dikasih selamat hehehehe. . . . mbak mau nanya nih. . . cara naroh buku tamu gitu gimana yak. . .??? aku pengen. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe,,benarkah??aku malah ga tau situ ultah^^

      oia,mengenai buku tamunya,cari ajah di google pake kata kunci ini ajah "cara membuat buku tamu tersembunyi" disitu banyak koq panduannya...semoga berhasil ya??

      Hapus
    2. siap mbak laksanakan hehehehe. . . .

      Hapus
  15. Benar kata suami mbak itu, yang penting kita masih ada niat baek dan tetap pingin bersahabt dengan dia. Gimana responnya itu terserah dia. yang penting kita tetap berpikir positif mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak uli,aku juga setuju dengan hal itu dan telah aku lakuin..
      makasih mbak:)

      Hapus
  16. Alangkah indahnya hati mbak Atma. Tetap semangat mbak. Suami mbak benar, Allah Maha Mengetahui ko :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seteju dengan dinar...
      semoga mbak atma terus berjuang untuk dibukakan hatinya :)

      Hapus
    2. @dinnar: makasih dek,iya harus tetap semangat semoga Allah melihat perjuanganku:)

      Hapus
    3. @widhi online: amiin,semoga
      makasih ^^

      Hapus
  17. #sediiihh..
    ngebayangin kalo Nay di posisi mba :(

    semoga temen mba baca postingan ini, dan kalian bisa akrab kembali #berharap

    BalasHapus
    Balasan
    1. atma juga berharap gitu nay,,,,amiin,semoga:)

      Hapus
  18. dengan ikhlas semuanya jadi ringan ya mbak.. selamat ultah juga buat temannya mbak atma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas pri,intinya keikhlasan:)
      makasih ucapannya untuk teman tercintaku

      Hapus
  19. sama jeng... aku juga punya masalah kayak gini. aku tetep kirim kartu ucapan setiap lebaran. buatku gini, yang penting aku udah minta maaf, urusanku selesai sampai situ. kalau dia nggak mau maafin ya itu masalah dia. terus didoakan saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp,yang penting kita udah tulus memintanya...
      serahkan semuanya sama Allah,aku yakin suatu hari nanti semuanya akan baik2 saja:)

      makasih ya mbak^^

      Hapus
  20. Ya Allah, segitu sulitnya ya memberikan maaf?
    Semoga saja kelak dia akan dapat merasakan ketulusan mbak dalam meminta maaf dan rasa sayang mbak yg tak pernah putus untuknya.
    Memang tinggal diikhlaskan saja, yg penting mbak sudah maksimal menebus kesalahan dan meminta maaf.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa...begitulah penuh perjuangan untuk mendapatkan maaf itu,

      iya betul,keikhlasan segalah2
      aku sudah ikhlas,tulus
      ALLAH Maha Tahu...

      makasih ya??

      Hapus
  21. saya jadi terharu dengan kisah ini...
    emang rasanya sedih sekali ketika ditinggal sahabat pergi...
    itu hanya pergi....
    aplagi sampai dilupakan sahabat.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,sedih luar biasa dan berharap tidak pernah untuk dilupakan,amiin

      makasih:)

      Hapus
  22. Sebelumnya saya ucapin met Ultah mbak Atma.. semoga sejahtera selalu bersama keluarga tercinta..

    mungkin cantumin aja link posting ini ke dinding FB dia, agar dia tahu sejauh apa rasa sayang anda kepada dirinya. Namun jika saja masih ada hal-hal yang negatif pada diri dia, saya rasa usah dipikirin mbak.. Bukankah menjauh bukan berarti musuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas:)

      saran yang baik sekali,aku akan mencobanya
      semoga berhasil^^

      menjauh bukan berarti musuh ya mas??yess,i like ur coment..maksih sekali lagi

      Hapus
  23. kak atmaaaa | main yuk!
    ahahahaha

    kak, masyaAllah sekali ya suaminya :)
    kakak atma keren deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuu'...siapa takut??hahaa

      makasih:)
      tp situ lebih keren koq^^

      Hapus
  24. hmmm,,, knapa tidak disebutkan ksalahan apa yg sudah mbak perbuat kepadanya
    mbak ini bsa dijadikan sahabat sejati ya
    Boleh gak aku jg jadi sahabatnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm,ga enak dishare disini...
      ntar pada nyalahin aku lagi hehee

      ya boleh lah?kenapa tidak,aku senang koq:)

      Hapus
  25. Hmmmm... jadi teringat dengan permasalahan yg hampir sama yang aku alami. Hingga saat ini pun belum terselesaikan. Memang hanya satu orang, dibandingkan dengan orang lain tidak ada apa-apanya. Tapi justru satu orang ini adalah orang yang pernah benar-benar dekat dengan kita. Sayang saja yaa, persahabatan yang sudah terjalin sejak lama, bahkan sudah seperti saudara sendiri, jadi rusak hanya karena satu hal yang walopun aku tidak tau apa, tapi tidak akan sebanding dengan indahnya persahabatan yg di miliki.

    Kalo sudah memaksimalkan usaha, tinggal berdoa saja kalau begitu. Allah maha tau mbak.. :)

    Selamat ulang tahun yaa buat temannya. :D

    BalasHapus

pengunjung yang baik hati, tinggalkan komentarnya ya???

 

[ TENTANG RINDU ]..... Copyright © 2013 | Template design by ATMAMUTHMAINNA | Powered by Blogger Templates